Jumat, 01 Mei 2020

Olahraga teratur cegah osteoartritis


Apa itu osteoartritis?

Dikutip dari healthline.com Osteoartritis atau dikenal dengan (OA) adalah kondisi sendi kronis (jangka panjang) yang paling umum terjadi ketika jaringan yang fleksibel pada ujung tulang mengalami keausan.

Ausnya jaringan pelindung di ujung tulang (tulang rawan) yang terjadi bertahap dan semakin parah. Umumnya nyeri sendi terasa di tangan, leher, punggung bawah, lutut, atau pinggul.

Lalu apa penyebab osteoarthritis ?
OA disebabkan oleh adanya kerusakan sendi. Penyebab kerusakan sendi dapat disebabkan oleh :
tulang rawan robek, sendi dislokasi, cedera ligament, obesitas, aktivitas fisik yang menyebabkan sendi tertekan secara terus-menerus, riwayat osteoarthritis di keluarga, kelainan bawaan atau cacat pada tulang rawan atau sendi.

Penderita osteoarthritis disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti:

ü  Rutin berolahraga
Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat otot-otot di sekitar persendian, sehingga membuat persendian stabil. Olahraga yang bisa dilakukan antara lain berjalan, bersepeda, berenang, dan yoga.

ü  Menurunkan berat badan
Penderita osteoarthritis yang memiliki berat badan berlebihan disarankan untuk menurunkan berat badan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada sendi dan bisa mengurangi rasa sakit.

Lakukan pencegahan sejak dini dengan ruitn berolahraga, konsumsi kalsium yang cukup dan jangan lupa  periksakan diri ke dokter jika mengalami keluhan persendian terutama jika keluhan semakin menggangu aktivitas.

 Salam Sehat,
ARINDO Reborn

Informasi Seputar Alat Olahraga :
ARINDO Reborn
Telp. / SMS / Whatsapp : 0857 2725 7588
Info Lengkap Produk

BARANG RESMI DAN BERGARANSI
Harga Grosir : CALL
AREA : JAKARTA, SURABAYA, SEMARANG, YOGYAKARTA, SELURUH JAWA DAN INDONESIA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar