Minggu, 26 April 2020

Jangan mager, ini Manfaat Olahraga Saat Puasa yang Sayang Dilewatkan


Umat muslim tentu diwajibkan untuk melakukan puasa setiap bulan Ramadan. Saat menjalani puasa, tentu tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar seperti hari biasanya. Meskipun tidak makan dan minum di waktu yg ditetapkan, bukan berarti Anda menjadi tidak aktif dan tidak boleh berolahraga.

Anda tetap bisa olahraga saat puasa, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti waktu olahraga, jenis, dan intensitas latihan yang harus dikurangi.

Karena meliburkan diri dari aktivitas fisik, seperti olahraga, selama bulan puasa ternyata sangat merugikan. Kenapa? Sebab, nyatanya olahraga saat puasa dapat membawa manfaat yang tak kalah baik jika dibandingkan dengan waktu biasa. Menurut beberapa studi, berikut keunggulan olahraga saat berpuasa yang sayang jika dilewatkan :
ü  Memperlancar Metabolisme.
ü  Menjaga Berat Badan.
ü  Menjaga Tubuh Tetap Segar dan Prima.
ü  Meningkatkan Sensitivitas Insulin.
ü  Meningkatkan Fungsi Kognitif dan Konsentrasi.
ü  MEningkatkan Sistem Imun.

Dikutip dari Healthline, Chelsea Amengual, ahli Pemrograman Kebugaran & Nutrisi mengatakan ketika puasa glikogen atau karbohidrat yang disimpan kemungkinan besar akan habis, sehingga kamu dapat membakar lebih banyak lemak daripada biasanya. Namun, intensitas olahraga saat puasa harus dikurangi untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Lantas, olahraga seperti apa yang bisa dilakukan? Ini contohnya

Jalan Santai
Jalan santai adalah salah satu olahraga yang bisa kamu pilih. Dengan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama.

Bersepeda Sore Hari
Bersepeda adalah contoh olahraga ringan sekaligus menyenangkan yang bisa kamu coba. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga menyehatkan jantung.
Bersepeda saat puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda pikiran juga lebih tenang dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol lebih mudah.

Latihan Beban
Kalau mendengar latihan beban, pasti kamu akan berpikir jika olahraga ini bisa menguras banyak energi. Nah, agar tidak menguras banyak energi, pilihlah beban yang tidak terlalu berat. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban.

Jogging
Jogging sebenarnya mirip dengan berjalan santai namun dengan ritme yang sedikit lebih cepat. Tidak perlu khawatir, jogging masih termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja.

Yoga
Berlatih yoga saat berpuasa mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar dan lebih rileks. Seperti yang kita tahu, latihan yoga berfokus pada teknik pernapasan yang otomatis menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan produksi hormon.
Tidak hanya itu, yoga membantu membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh. Bisa dipastikan olahraga ini tidak akan membuat kamu mudah lelah, karena yoga tidak akan membuat kamu berkeringat banyak, sehingga kamu pun tidak akan merasa dehidrasi.

Informasi Seputar Alat Olahraga :

ARINDO Reborn
Telp. / SMS / Whatsapp : 0857 2725 7588

BARANG RESMI DAN BERGARANSI
Harga Grosir : CALL
AREA : JAKARTA, SURABAYA, SEMARANG, YOGYAKARTA, SELURUH JAWA DAN INDONESIA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar